Baterai Penuh Hanya Dalam 2 Jam, Toyota Prius PHEV Bisa Melaju Hingga 70 Km

Dengan baterai berdaya penuh dan dapat diisi penuh dalam dua jam saja, Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dari Toyota bisa melaju hingga nyaris 70 kilometer. Mobil ramah lingkungan ini belum lama diperkenalkan di pasar Indonesia untuk semakin memopulerkan kendaraan elektrifikasi di negara ini.

Secara eksterior, Toyota Prius PHEV tampil agresif dan dramatis dengan platform rancang bangun Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dikenal lebih aman dan stabil. Jika melihat interiornya, Toyota Prius PHEV terbilang lega dan luas.

Di dalam, Toyota Prius PHEV sudah dilengkapi berbagai fitur informasi hiburan seperti layar audio display entertainment berukuran 8 inci, serta fitur keselamatan seperti Toyota Safety Sense, Blind Spot Monitor, Hill-Start Assist Control, Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control.

Jika bicara soal spesifikasi, Toyota Prius PHEV diklaim memiliki kemampuan baterai yang lebih besar sehingga lebih fleksibel dan mampu menempuh jarak panjang. Secara detail, Toyota Prius PHEV ini memiliki mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc dengan kekuatan 98 PS dan torsi maksimum 142 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik 1 NM/ISM dengan kekuatan dan torsi maksimum serupa.

Dalam mode BEV, Toyota Prius PHEV mampu melaju hingga 68,2 kilometer. Untuk baterai, kapasitasnya tercatat 8,8 kW, yang terdiri dari 95 cell lithium-ion battery bervoltase 3,7 volt per cell, sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315,5 volt. Pengisian penuhnya butuh waktu 2 jam 20 menit saja, menggunakan listrik bertegangan 220 volt 16A.

Prius PHEV merupakan mobil elektrifikasi yang dihadirkan Toyota di Indonesia menyusul kehadiran Camry HEV, Alphard HEV, C-HR HEV, dan Corolla Altis HEV. Camry HEV hingga saat ini tercatat sebagai mobil elektrifikasi dengan populasi terbesar di Indonesia, yang produksinya sudah mencapai lebih dari 1.600 unit.

Meski diperkenalkan tanpa seremoni peluncuran, Toyota Prius PHEV ini kehadirannya diharapkan dapat semakin memperkuat eksistensi kendaraan elektrifikasi di kalangan masyarakat Indonesia. Sebagai mobil elektrifikasi dengan performa dan kemampuan luar biasa, Toyota Prius PHEV ini pastinya wajib dicoba dan dirasakan secara langsung pengalamannya.

Dapatkan pengalaman lebih dalam menyaksikan pengembangan terbaru dari industri otomotif di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020, yang akan diadakan pada 7-17 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.  GIIAS 2020 adalah tempatnya berbagai kendaraan terbaru dan inovasi termutakhir dapat dirasakan langsung pengalaman menggunakannya.

Jangan lewatkan kehadiran dan peluncuran produk-produk terkini merek-merek otomotif dunia di GIIAS 2020. Ikuti info terbaru seputar GIIAS 2020 di Instagram @giias_id atau situs www.indonesiaautoshow.com.

Share this article