GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Kunjungan Pelajar ke Pabrik Perakitan Mobil di Indonesia

Jakarta, 31 Juli 2015 – Saat ini industri otomotif Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dalam lima tahun terakhir industri otomotif mengalami peningkatan yang signifikan dan permintaan pasar dari tahun ke tahun terus menunjukkan kenaikan.
Industri otomotif nasional dipercaya akan terus tumbuh mengingat sejumlah pabrikan besar terutama yang berasal dari Jepang, semakin agresif menanamkan investasi, bahkan menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi utama untuk memenuhi permintaan pasar global.
Kapasitas produksi mobil secara nasional saat ini hampir mencapai 2 juta unit setahun. Dan pada tahun 2020 ditargetkan bisa mencapai angka produksi 2,5 juta unit. Para pelaku industri otomotif nasional berharap Indonesia bisa menjadi yang terbesar di ASEAN dan bahkan di Asia.
Untuk terus dapat bersaing di pasar global salah satu yang perlu diperkuat oleh Indonesia adalah kemampuan dari sumber daya manusia (SDM), dan tidak bisa dipungkiri, generasi muda yang akan menjadi roda penggerak pertumbuhan industri otomotif Indonesia dimasa mendatang.
Generasi penerus selalu menjadi perhatian GAIKINDO dari tahun ke tahun, berbagai program digalang untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk terus menggali ilmu dan mengembangkan kemampuannya, tidak terkecuali di tahun ini lewat program GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 Educare, GAIKINDO kembali menekankan pentingnya memberikan pendidikan dan wawasan tentang industri otomotif bagi generasi penerus Indonesia.
Untuk memberikan wawasan dan informasi terkini mengenai kemajuan dan pencapaian serta hasil produk dari industri otomotif nasional, GAIKINDO dalam rangkaian program pre-event GIIAS Educare, menyelenggarakan program Students Visit to Assembly Plant yang melibatkan para peserta pameran (APM) untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di Indonesia, khususnya di bidang otomotif.  Kunjungan Pabrik ini merupakan salah satu bagian dari program Educare yang didedikasikan untuk pelajar SMU/SMK di wilayah Jabodetabek.
Students Visit to Assembly Plant akan mengunjungi pabrik dari APM yakni Suzuki, dan Isuzu. Kunjungan yang pertama telah dilakukan pada hari Selasa, 28 Juli 2015, pabrik PT Suzuki Indomobil Motor yang berlokasi di Cikarang berkesempatan dikunjungi oleh kurang lebih 50 orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tangerang.
Yudonendito, Assistant to Department Head of body Assembly Production di Cikarang, mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang terjalin dengan GIIAS pada kunjungan pabrik kali ini.  Kunjungan ini merupakan sebuah media bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang dunia otomotif.  Kami berharap hal serupa dapat terus terjalin di kemudian hari.”
Acara kunjungan dimulai dengan factory tour, dimana setiap peserta dilengkapi dengan Alat Pengaman Diri (APD) dan receiver sebagai media untuk menyampaikan penjelasan selama berada di dalam pabrik.  Peserta dibagi dalam dua kelompok dan menjelajahi beberapa area pabrik mulai dari bagian Powertrain, dimana paserta dapat melihat bagaimana proses pembuatan engine dan transmisi mobil hingga proses perakitannya.  Selanjutnya, peserta diajak melihat area Body Assembly Production, mulai dari bagian Pressing & Welding, hingga perakitan bodi mobil dan Final Inspection.
Salah satu siswa dari SMKN 2 Tangerang, Danu Ramadani mengungkapkan kekagumannya setelah mengikuti rangkaian acara ini. “Pabriknya sangat luas dan alat-alatnya sangat canggih”, tutur Danu.   Hal ini disampaikan pada saat tanya jawab yang meperlihatkan antusiasme para siswa terhadap dunia otomotif dan pabrik Suzuki.
Pada 29 Juli 2015, program GIIAS Educare Students Visit to Assembly Plant bersama SMKN 5 Jakarta berkesempatan mengunjungi pabrik baru PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, yang berlokasi di Karawang. Pelajar SMKN 5 Jakarta disambut langsung oleh Bapak Ujang Aziz, Department Head Assembly Plant dari Isuzu Astra Motor Indonesia.
Andy Wismarsyah, Presiden Direktur PT Seven Events selaku penyelenggara Pameran GIIAS 2015, mengatakan, ”Kami harap melalui program ini siswa dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai disiplin ilmu disertai penerapannya pada dunia industri otomotif secara riil sehingga mampu mempersiapkan diri pada dunia kerja nanti,” ujarnya.
Andy juga menjelaskan memaparkan selain Students Visit to Assembly Plant tahun ini program sosial GAIKINDO lewat GIIAS Educare guna memotivasi generasi penerus industri otomotif Indonesia juga akan mencakup Travelling & Teaching, Book Donation, Studentss Day, dan Tools for School.
****
Informasi lebih lanjut:
Seven Events
Diah Putri
T  : 021-29054091 ext.109
F  : 021-29054092
M : 0812 100 3083
E  : putri@seven-event.com
W : www.indonesiaautoshow.com

SMKN 5 Jakarta berkesempatan mengunjungi pabrik baru PT. Isuzu Astra Motor Indonesia


Student-Visit-GIIAS-2

Siswa SMKN 2 Tangerang antusias melihat langsung produksi di pabrik Suzuki.


Student-Visit-GIIAS-3

Program sosial GIIAS Educare bertujuan memotivasi generasi penerus industri otomotif Indonesia


Copyright © 2015 Seven Events, All rights reserved.
We are sending you new information about the GAIKINDO Indonesia International Auto Show
Our mailing address is:
Seven Events
Jl. Cikatomas I no 7
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12180
Indonesia

Share this article

Leave a comment