GIIAS Buktikan Beri Kontribusi Signifikan Bagi Industri Otomotif Indonesia

Jakarta, 19/01/2016 Memasuki tahun 2016 GAIKINDO kembali berencana menghadirkan pameran otomotif berskala internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang rencananya akan berlangsung pada 11 21 Agustus 2016 bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Pameran yang sudah mendapat akreditasi atau pengakuan internasional dari OICA terbukti menyedot perhatian dan minat masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh tingginya antusiasme yang ditunjukkan publik pada saat pameran GIIAS 2015 dan rangkaian pameran GIIAS Daerah berlangsung.
Prestasi yang berhasil diraih tentu membuat GAIKINDO terus memperkuat komitmennya untuk mengukuhkan pameran otomotif Indonesia ke panggung otomotif dunia. Ketua Umum GAIKINDO Sudirman MR mengatakan, Kami merasa sangat bangga karena Pameran GIIAS yang merupakan satu-satunya Pameran Otomotif milik GAIKINDO terbukti memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi industri otomotif di Indonesia melalui rangkaian pameran GIIAS yang kami gelar sepanjang tahun 2015. Di tahun kedua ini kami fokus untuk mengukuhkan pameran otomotif GIIAS ke panggung otomotif dunia. Indonesia sudah mulai mencuri perhatian di Asia maupun Dunia sebagai pasar otomotif yang potensial. Sudirman melanjutkan bahwa target jangka panjang yang ingin diraih ialah menjadikan GIIAS sebagai salah satu pameran otomotif terbesar di Asia yang diakui dunia.
Sepanjang tahun 2015, GIIAS mencatat ada 21,658 unit mobil terjual dan Rp 6,3 Triliun yang dihasilkan dari rangkaian acara pamerannya termasuk roadshow ke kota besar lainnya seperti Surabaya dan Makassar. Pencapaian yang dicatat GIIAS juga ikut memberikan kontribusi terhadap pencatatan penjualan kendaraan roda empat di Indonesia, GAIKINDO mencatat bahwa penjualan tingkat wholesale yang menurun selama semester I tahun 2015 dibanding dengan periode yang sama ditahun 2014, mulai naik kembali. Pada periode bulan Agustus November 2015 penjualan rata rata diatas 90.000 unit perbulan sehingga penjualan wholesales periode Januari Desember 2015 tercatat sebesar 1.013.291 unit. Meskipun mengalami penurunan sekitar 1,6% dari pencapaian di akhir 2014 lalu, pencapaian di akhir 2015 ini menembus prediksi GAIKINDO yang mentargetkan angka penjualan tahun 2015 di angka 1 juta unit.
“Pencapaian yang dicatatkan GIIAS ini tentu merupakan sebuah pencapaian yang tinggi sekaligus menjadi bukti bahwa pameran otomotif merupakan salah satu ajang yang paling dinanti dan digemari oleh konsumen Indonesia. Dengan kerja keras dari lebih kurang 22,000 pekerja yang terlibat langsung pada saat pameran, keberhasilan ini tentu memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan industri otomotif Indonesia dan pada akhirnya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan pelaksanaan GIIAS 2015 juga memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi secara tidak langsung bagi industri di sekitar tempat pameran seperti hotel, restoran, dan industri transportasi,” jelas Sudirman.
Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara pameran GIIAS melihat tingginya potensi pameran otomotif bergengsi ini untuk tetap menjadi sorotan publik sekaligus menjadi pilihan utama bagi para pemegang merek untuk menampilkan unit terbaru mereka. “GIIAS merupakan wadah untuk Agen Pemegang Merek (APM) dan penggemar otomotif yang menawarkan pengalaman menyeluruh melalui pameran. Mulai dari tampilan produk dan teknologi baru hingga hiburan otomotif dimana konsumen dapat ikut berpartisipasi. Tahun ini kami akan menambah luasan area pameran GIIAS 2016 sebesar 5,000 meter persegi untuk menjadikan Pameran GIIAS 2016 setara dengan pameran otomotif berkelas dunia lainnya. Kami pun telah menyiapkan rangkaian pameran otomotif terbaik untuk memenuhi permintaan APM dan konsumen otomotif di kota besar lainnya seperti Makassar, Surabaya dan Pekanbaru yang masuk ke dalam salah satu list kota yang dilirik untuk pelaksanaan rangkaian GIIAS 2016.” demikian lanjutnya.
“Dengan rangkaian acara dan persiapan yang lebih baik dan dukungan dari seluruh pihak yang terkait, kami berharap GIIAS 2016 dapat mengukuhkan GAIKINDO Indonesia Auto Show di panggung otomotif dunia,” tutupnya.

Share this article

Leave a comment